Cara Memperbaiki Kerusakan Laptop sendiri

Tutorial Cara Memperbaiki Kerusakan Laptop

Cara Memperbaiki Kerusakan Laptop kalau laptop yang kita pakai terjadi sesuatu pada laptop sendiri, atau kata lain laptop tersebut tidak normal atau terjadi trouble masalah.

memang orang awam ( bukan teknisi ) sering menjadikan hal tersebut menjadi sesuai yang menjadi masalah, apalagi laptop yang di gunakan tersebut pas di gunakan pada jam - jam sibuk untuk melakukan olah data. inilah hal yang menjadikan orang jadi panik, soalnya orang akan mengira data yang ada pada penyimpanan akan hilang.

Cara memperbaiki kerusakan laptop ada beberapa hal tergantung dari permasalah tersebut. sebagai contoh :

Ada bunyi beep pada saat laptop saat di hidupkan, Untuk itu saya kategorikan ada 8 Jenis Bunyi Beep pada Laptop yang Harus Kamu Kenali.Laptop kamu mengeluarkan bunyi beep saat dihidupkan? berapa kali? panjang atau pendek? tahu tidak, kalau bunyi beep tersebut berarti ada masalah pada laptop kamu.

Jenis bunyi beep pada laptop

1. Beep sekali pendek
Bunyi beep tersebut wajar, karena berarti laptop kamu sukses menyala, namun jika tidak ada tampilan apa-apa, berarti ada masalah pada monitor laptop kamu.

2. Bunyi beep pendek dua kali
Bunyi pendek dua kali menandakan ada masalah pada settingan CMOS di laptop kamu, dalam hal ini coba saat laptop di hidupkan apakah settingan jam berubah atau tidak, kalau setiap setting jam, kemudian di matikan di hidupkan lagi berubah berarti baterai CMOS harus di ganti

3. Bunyi beep panjang sekali kemudian pendek sekali
Ada masalah pada motherboard atau memory di laptop kamu, biasanya terjadi jika laptop terbentur. Nah kalau hal tersebut terjadi maka memory / RAM di lepas dahulu kemudian di bersihkan tembaganya / kaki yang nanti menempel di laptop di bersihkan dengan mengunakan penghapus karet.

4. Bunyi beep panjang sekali dan pendek dua kali
Monitor atau VGA Card di laptop kamu bermasalah, ini sering terjadi pada jenis laptop seri AMD, kalau hall tersebut terjadi biasanya rusak pada Chipset VGAnya, kalau kalian teknisi tidak menjadi masalah, tapi kalau belum pernah servis hal tersebut akan menjadi masalah, soalnya untuk servis Chipset VGA biyaya sangat mahal kisaran antara 250 sampai 500ribu.

5. Bunyi beep panjang sekali dan pendek tiga kali
Keyboard laptop kamu sering kotor, ada kotoran masuk ke dalam keyboard di laptop kamu.solusi yang harus kamu lakukan adalah membersihkan keyboard tersebut dengan alat pembersih, baik itu kuas, vocum cleaner atau kalau sudah parah harus di ganti dengan keyboard baru, soalnya kalau di servis keyboard tersebut dalam waktu singkat akan kambuh lagi.

6. Bunyi beep panjang sekali dan pendek sembilan kali
Ada masalah pada ROM BIOS laptop kamu.maslah ini juga sangat sulit di atasi, tapi coba dulu kamu lepas baterai CMOS berberapa menit setelah itu kamu pasang lagi dan di hidupkan. tapi kalau tetap tidak bisa serahkan pada ahlinya saya alias di bawa ke tukan servis.

7. Bunyi beep panjang terus menerus
Masalah nya ada pada RAM di laptop kamu.coba ganti dulu dengan RAM yang lain yang masih normal, kalau tetap aja berarti ada kerusakan pada bagian input output pada mainboard tersebut, tapi kalau di ganti kok normal berarti RAM tersebut kotor atau rusak. coba kamu atasi sesuai petujuk No.3 di atas

8. Bunyi beep pendek terus menerus
Untuk bunyi beep pendek dan terus menerus menandakan ada masalah pada tegangan masuk atau power suply di laptop kamu. kalau hal tersebut terjadi, coba cek tegangan pada adaptor dulu, atau kamu bisa lihat pada panduan berikut ini.( Tutorial lengkap servis Changer laptop di lakukan sendiri )

Nah itu Cara Memperbaiki Kerusakan Laptop sendiri sebelum kamu bawa ke tukang servis.

Panduan teknisi komputer download full

Pada materi kali ini saya akan memberikan materi seputar Panduan teknisi komputer download full . Banyak sekali para calon teknisi laptop in...