Tutorial mengenal bagian - bagian perangkat laptop dan fungsinya


kali ini saya akan membahas tutorial mengenal bagian - bagian perangkat laptop dan fungsinya, seorang calon teknisi handal juga bermula dari pengenalan hardware terlebih dahulu, sebelum terjun ke dunia komputer. sebab tanpa adanya pengenalan pengenalan hardware laptop terlebih dahulu tidak seorang teknisi akan mahir dalam menjalankan usahanya.Meskipun dia itu kursus ataupun autodidak pasti akan mengenal bagian - bagian tersebut beserta fungsinya. Untuk itu saya akan menjabarkan fungsi dari masing - masing bagian tersebut.

1. Mainboard laptop

Mainboard laptop atau yang di kenal dengan papan indukan ini perannya sangat penting sekali, sebab merupakan inti dari laptop tersebut, beberapa bagian akan terhubung dengan mainboard tersebut seperti harddisk, memori, prosesor dan lain sebagiannya. bila mainboard ini mati semua tidak akan berfungsi. adapun harga mainboard untuk laptop sangat mahal jika di bandingkan dengan perangkat yang lain, alternatif seorang teknisi akan menyervis mainboard tersebut, atau akan di carikan mainboard yang sejenis yang lebih murah tentunya dengan barang yang second / bekas tapi masih bagus kerjaanya.

2. Panel LCD / layar


Panel LCD / layar berfungsi untu menampilkan gambar ataupun text. ini juga rawan sekali terhadap pecah pada layar. bila layar tidak berfungsi dengan normal maka akan menganggu aktifitas kerja dari laptop tersebut.bila terjadi kerusakan pada layar harus di ganti dengan yang baru, untuk itu layar juga sangat penting. adapun layar LCD harga sangatlah bervariasi, tergantung ukuran dari panel tersebut.

3. Prosesor

Prosesor atau otak utama dari laptop. Dia sebagai pengerak dari semua yang ada di mainboard,sehingga aktifitas di gerakkkan oleh prosesor tersebut. kalaupun prosesor itu mati semua aktifitas juga akan mati.untuk harga prosesor juga bervariasi tergantung dari merk mapun clock serta kecepatanya

4. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan secara permanen pada media penyimpanan lainnya. Besarnya RAM akan mempengaruhi kecepatan proses dari laptop tersebut. semakin besar kapasitas RAM akan semakin cepat kerja dari laptop tersebut, tetapi kita harus menyesuaikan prosesor juga.

5. Harddisk


Harddisk merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, Data yanga disimpan pada harddisk tidak akan hilang jika koita tidak menghapusnya. Besarnya kapasitas dari harddisk biasanya mempunyai ukuran Giga bahkan sekarang sudah ukuran beberapa tera.

6. DVD

DVD merupakan sebuah perangkat peripheral yang berfungsi untuk membaca data dari CD maupun DVD, selain itu DVD juga dapat melakukan burning pada CD / DVD  untuk menyimpan data pada kepingan CD / DVD

7. Wireless Card





Wireless Card merupakan sebuah perangkat kyang berfungsi untuk media perantara tanpa menggunakan kabel. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk menangkap sinyal wifi dari Access Point atau perangkat lain tanpa menggunakan kabel.

8. Kipas atau yang di kenal dengan fan prosesor



Kipas pada laptop berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop terutama Prosessor, jika kipas tersebut mati maka akan panas pada prosesor tersebut yang terjadi laptop akan mengalami hang atau bahkan mati.

9. Baterai





Baterai pada laptop berfungsi untuk menyimpan daya dan mensuplai daya pada perangkat laptop. Baterai pada laptop umumnya mempunyai kemampuan untuk dapat bertahan sampai 8 jam. Agar baterai bisa bertahan lama tentunya harus di cas, cara yang bagus adalah di cas dalam kondisi laptop mati.

10. Casing

Chasing pada laptop berfungsi untuk memasang semua perangkat laptop seperti: motherboard, LCD, dan perangkat lain. Chasing pada laptop juga berfungsi untuk melindungi perangkat keras yang ada didalam laptop.Untuk mengatasi bahasa padan casing perlu adanya pelindung casing serta di masukkan di tas khusus laptop.



Demikian  Tutorial mengenal bagian - bagian perangkat laptop dan fungsinya sebelum kalian menjadi teknisi handal.





Panduan teknisi komputer download full

Pada materi kali ini saya akan memberikan materi seputar Panduan teknisi komputer download full . Banyak sekali para calon teknisi laptop in...