belajar servis laptop newbie

belajar servis laptop

Belajar servis laptop Newbie, kalau anda sendiri masih awam tentang dunia elektronika ini sangat tepat sekali bagaimana cara servis laptop yang mudah. saya kategorikan dalam beberapa tahapan, agar mudah di pahami tentang bagaimana cara menyervis laptop tersebut.

1.Belajar servis laptop yang pertama adalah cara membongkar Casing

belajar servis laptop
bagaimana cara membongkar casing laptop, coba anda amati pada bagian warna merah, anda lepaskan dulu baut -bautnya agar casing nantinya bisa di bongkar. Nah kalau sudah di bongkar coba anda buka berlahan - lahan casing tersebut dengan mengunaka obeng ( - ). tapi kalau tidak hati - hati akan menjadi masalah. lebih baik mengunakan pic entah itu pic gitar atau alat pembuka casing khusus.

2. Belajar servis laptop yang kedua adalah servis mainboard

belajar servis laptop

Untuk servis mainboard ada beberapa faktor tergantung dari kerusakannya sendiri. Untuk kerusakan pada laptop atau mainboard bisa anda pelajari cara memperbaiki kerusakan laptop sendiri.

3. Belajar servis laptop yang ke tiga adalah servis layar LCD / LED


belajar servis laptop


Panel atau layar LED / LCD sering kali rusak bisa di sebabkan beberapa faktor, Layar blank atau cuma white screen, layar blank hitam di sebabkan bisa kabel flexi, bisa saja backlight / lampu mati bahkan bisa terjadi karena chipset VGA yang rusak. Untuk white screen coba anda raba tcon pada panel LED yaitu di belakang layar. kalau ada yang panas bisa jadi komponen ada yang short, coba anda ganti komponen yang panas tadi, bisa juga komponen yang lain sebelum atau sesudah komponen yang panas.

4. Belajar servis laptop yang ke empat adalah servis keyboard
 
belajar servis laptop
Keyboard laptop termasuk kategori yang sering rusak, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keyboard laptop tersebut rusak. Soalnya jalur sirkuit keyboard dulu dengan sekarang lain. kalau dulu sirkuit keyboardnya tebal jadi jalurnya juga sama jadi jarang sekali rusak, tetapi kebalikannya sekarang tipis kena panas fan prosesor terus beberapa hari tidak di gunakan langsung rusak. untuk servis keyboard bisa anda pelajari di sini.

Panduan teknisi komputer download full

Pada materi kali ini saya akan memberikan materi seputar Panduan teknisi komputer download full . Banyak sekali para calon teknisi laptop in...